...

Senin, 06 Agustus 2007



Memilih Pengasuh Anak

Memilih pengasuh anak bukan masalah mudah. Cermati yang sesuai bagi si kecil.

Bagi ibu bekerja, hadirnya pengasuh anak adalah kebutuhan utama. Mereka ini mendampingi si kecil tumbuh kembang. Juga membantu menciptakan suasana rumah yang bersahabat dan nyaman bagi anak. Namun, mencari orang yang tepat tidaklah mudah. Bagaimana Anda menyeleksinya?

Berbagai pilihan

Siapa yang Anda rasa tepat mengasuh si kecil? Berbagai pilihan dapat Anda pertimbangkan, di antaranya:

- Pembantu rumah tangga
Pembantu rumah tangga (PRT) merupakan pilihan favorit para ibu karena tenaga mereka lebih murah. Sayangnya kemampuan seorang PRT biasanya terbatas. Maklum, tingkat pendidikan mereka pun juga terbatas.

- Babysitter
Biasanya keterampilan mereka di atas kemampuan PRT, karena sudah mendapatkan pendidikan yang lebih tinggi. Meski kenyataan tidaklah selalu demikian. Untuk menghindari ini, sebaiknya pilihlah yayasan penyalur babysitter yang baik sesuai rekomendasi orang yang dapat dipercaya.

- Nanny
Nanny dapat diterjemahkan sebagai perawat anak yang punya pendidikan dan pelatihan khusus dalam standar tertentu. Ia tidak hanya mampu menjaga anak, namun juga mengajak anak bermain atau belajar sesuai tingkat pendidikan si kecil. Memang syarat sebagai nanny minimal lulus SMA. Namun biaya yang dikeluarkan untuk menyewa nanny lebih mahal dari dua alternatif sebelumnya.

- Governess
Governess memiliki kemampuan di atas nanny. Ia dapat diharapkan menjadi guru privat bagi si kecil selama 24 jam sehari, karena syarat seorang governess adalah menguasai pendidikan dasar, termasuk pendidikan sopan santun dan etika. Tentu saja menggunakan jasa governess perlu biaya sangat tinggi sesuai keterampilan, pikiran dan tenaga yang diberikan.

Hati-hati memilih

Siapa pun pilihan Anda, yang penting carilah referensi dari teman atau saudara yang merasa puas terhadap kinerja pengasuh anak dari suatu yayasan tertentu. Perhatikan juga kontrak kerja dengan sang pengasuh. Ajukan klausul tambahan jika Anda kurang sesuai dengan kontrak kerja yang ditawarkan. Setelah itu, cobalah menjalin hubungan dengan calon pengasuh sebelum memutuskan menggunakan jasanya. Minimal, cobalah ‘mengorek’ pribadinya melalui wawancara.

Jika perlu, perhatikan bagaimana calon pengasuh berinteraksi dengan si kecil. Bagaimana reaksi anak terhadap calon pengasuhnya. Apakah ia terlihat senang atau takut? Siapa pun yang Anda pilih menjadi pengasuh si kecil, yang utama bagaimana penerimaan anak serta bagaimana sikap pengasuh menghadapi buah hati Anda.

Pertanyaan Bagi Sang Calon

- Apa motivasi menjadi pengasuh anak?
- Harapan sebagai pengasuh dan kenyataan yang kerap ditemui di lapangan, serta bagaimana upayanya mengatasi hal tersebut.
- Pengalaman kerja sebagai pengasuh anak.
- Usia anak-anak yang pernah diasuh.
- Alasan berhenti dari tempat terdahulu.
- Pengetahuan yang diperoleh dari pelatihan di yayasan.
* Identitas diri dan cocokkan dengan kartu identitas yang dimilikinya.

Esthi Nimita Lubis

Disadur dari www.ayahbunda-online.com

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Hai gan saya punya info nih pemyedia layanan jasa, bias kunjungi https://dewanstudiomediadigital.wordpress.com/2015/08/18/seekmi-connect-the-service-providers-and-the-service-seekers/

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum Wr Wb Saya hanya sekedar berbagi dengan sobatku yang ada di perantauan karena saya bisa merasakan seperti apa jadi TKI. dan apa yang saya sampaikan disini tidak ada unsur rekayasa bahkn saya berani sumpah saya tidak selamat tuju turunan dunia akhirat kalau saya tidak menikmati hasil dari ki Ageng. Jadi apa yang saya sampaikan disini tidak lebih dari rasa solidaritas sesama TKI. Awalnya sih saya juga tidak yakin tapi karena terdesak soal keuangan (ekonomi) akhirnya saya coba konsultasi di No beliau +62812-4576-7849 dan syukur Alhamdulillah dalam waktu singkat (3 hari) saya bisa mendapatkan uang senilai 300 juta. Untuk anda yang dalam masalah ekonomi tidak ada salahnya sekedar konsultasi dengan Ki.AGENG siapa tau bernasib mujur. Beliau bisa membantu melalui Angka Togel dan penarikan Dana Gaib