...

Senin, 06 Agustus 2007



Tips & Tricks...!!


Ada beberapa yang harus diperhatikan oleh pihak majikan yang ingin pembantu rumah tangganya kerja sesuai dengan yang diharapkan. Untuk itu kami akan memberikan beberapa Tips dan trik untuk para majikan yang ingin agar tenaga kerjanya itu betah, awet dan bekerja sesuai dengan yang diharapkan :

1. Gaji
Dalam memberikan gaji pihak majikan harus menyesuaikan dengan pekerjaan yang akan dikerjakan, karena dalam pemberian gaji inilah yang memicu semangat para pekerja. Untuk pembantu pemula, gaji yang diberikan berkisar antara 250 – 300 ribu, sedangkan untuk yang berpengalaman, biasanya gaji yang diberikan berkisar antara 300 ribu sampai dengan 500 ribu. Tetapi yang perlu diingat untuk para majikan, hendaknya dalam pemberian gaji ini, disesuaikan dengan harga pasaran yang berlaku dilingkungan kita, jadi jangan sampai standar gaji yang kita berikan dapat merusak pasaran yang sudah ada tersebut. Dan diusahakan bilamana semua pekerjaan dilaksanakan dengan baik, berikanlah kenaikan gaji dalam waktu paling lambat 3 (tiga) bulan pertama

2. Pekerjaan
Membicarakan soal pekerjaan sering kita sebagai majikan melupakan batas-batas kemampuan tenaga mereka. Sebaiknya diawal pertemuan antara calon majikan dan calon pembantu dibahas tentang pekerjaan pekerjaan apa yang harus dilakukan oleh pembantu, apakah seluruh pekerjaan rumah tangga, ataukah hanya mengerjakan item-item tetentu. Hal ini diperlukan agar majikan dan pembantu sama-sama mengerti akan hak dan kewajiban masing-masing. Tetapi biasanya mayoritas majikan melupakan hal ini, dan tenaga kerja diperlakukan layaknya sebagai budak belian yang harus bekerja di mana waktu majikan memerintah entah itu siang atau malam, entah itu hujan atapun panas. perlakukanlah tenaga kerja khususnya pembantu rumah tangga sebagai layaknya manusia, dan bukan sebagai budak belian.

3. Makan
Tidak bisa kita hindarkan masalah satu ini, karena dengan makan baru mereka bisa bekerja. Terkadang yang membuat tenaga kerja tidak betah di rumah majikan disebabkan kurang perhatian seorang majikan akan kebutuhan pangan mereka. Ada yang mayoritas majikan memberi makan mereka dengan cara sistem jatah (taker), adapula yang memberikannya sisa-sisa makanan yang tidak dimakan lagi oleh majikannya, kalau bisa hal ini dihindarkan dari kebiasaan kita dalam mempekerjakan tenaga kerja. Untuk masalah makan ini, ada beberapa orang yang memberikan uang makan untuk mereka kelola sendiri sesuai dengan selera mereka. Ada juga apa yang dimakan majikan, itu juga ynag dimakan pembantu. Dan diusahakan agar jam makan mereka tidak berantakan, karena hal ini bisa mempengaruhi kesehatan mereka, terutama bagi ynag mudah terkena gangguan pencernaan..

4. Istirahat
Pembantu rumah tanggapun manusia dan membutuhkan istirahat, dalam hal ini terkadang pihak majikan merasa rugi menggaji pembantunya bila beristirahat walau hanya dalam waktu 10 menitpun. Majikan harus mengerti bahwa pembantu adalah manusia bukan robot yang tidak membutuhkan istirahat dan refreshing sebagai pemenuhan kebutuhan rohaninya. berilah pembantu rumah tangga anda untuk cuti 1 hari setiap bulannya. Dan kalaupun pembantu anda lebih memilih untuk tetap dirumah, maka berilah ia uang extra sebagai pengganti hari liburnya. Karena hal ini diyakini bisa membuat pembantu anda merasa lebih dihargai.

5. Peraturan
Terkadang suatu peraturan yang bisa membuat seorang tenaga kerja tersiksa untuk tetap bertahan di tempat kerjanya, oleh karena itu bijaksanalah majikan dalam membuat peraturan bagi tenaga kerjanya. Jangan sampai pribadi seorang tenaga kerja terusik oleh peraturan-peraturan yang seharusnya tidak perlu. Buatlah peraturan yang mempermudah pekerjaan si tenaga kerja dan tidak membebani pihak majikan.

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Assalamu alaikum Wr Wb Saya hanya sekedar berbagi dengan sobatku yang ada di perantauan karena saya bisa merasakan seperti apa jadi TKI. dan apa yang saya sampaikan disini tidak ada unsur rekayasa bahkn saya berani sumpah saya tidak selamat tuju turunan dunia akhirat kalau saya tidak menikmati hasil dari ki Ageng. Jadi apa yang saya sampaikan disini tidak lebih dari rasa solidaritas sesama TKI. Awalnya sih saya juga tidak yakin tapi karena terdesak soal keuangan (ekonomi) akhirnya saya coba konsultasi di No beliau +62812-4576-7849 dan syukur Alhamdulillah dalam waktu singkat (3 hari) saya bisa mendapatkan uang senilai 300 juta. Untuk anda yang dalam masalah ekonomi tidak ada salahnya sekedar konsultasi dengan Ki.AGENG siapa tau bernasib mujur. Beliau bisa membantu melalui Angka Togel dan penarikan Dana Gaib